Purima menjadi agen

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis saat bergabung dengan MMBC Travel dan Citos. Tidak ada maksud apapun kecuali Purima mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya dan menjadikan Purima mengikuti jejak sebagai vendor penyedia bisnis travel kemitraan.

Tahun 2010, masing sangat jarang travel bahkan hampir tidak ada travel agent yang menyediakan program kemitraan secara online. Salah satu yang sudah menyediakan program kemitraan travel agen online adalah MMBC yang mana mungkin saat itu satu satunya dan cikal bakal penyedia layanan keagenan online.

Purima bergabung dengan MMBC online pada tahun yang sama dan sejak saat itu bisa menjual dan menawarkan penerbangan lanjutan dengan maskapai lain. Modal yang di butuhkan saat itu adalah uang pendaftaran menjadi agen ( sampai sekarang sepertinya tetap jumlah nominalnya ) dan deposit yang tidak ditentukan.

Singkat cerita, penambahan servise layanan di sambut dengan sangat bagus, bahkan kita bisa up harga lewat biaya administrasi dari 50.000 hingga 100.000. Penambahan administrasi tersebut tetap kami berikan kwitansi sendiri sebab untuk menjaga jika nantinya customer tersebut membatalkan penerbangannya. jadi yang kami kembalikan adalah uang tiketnya saja. Hal itu bisa di maklumi oleh customer dikarenakan beberapa alasan diantaranya

  • Penerbangan tersebut tidak terdapat di daerah
  • Mereka bisa mendapatkan tiket promo
  • Bisa pesan tiket jauh hari sebelumnya tanpa kekuatiran

System yang di sediakan vendor saat itu adalah langsung login ke maskapai untuk melakukan booking sehingga menjadi nilai lebih bagi agen untuk menunjukan ke cutomernyanya. dan tiket bisa langsung di cetak sebab maskapi sudah menjalankan eticket.

Seiring berjalannya waktu, kami di perkenalkan dengan CITOS. dengan system yang berbeda dengan sebelumnya, yang mana system yang digunakan sudah tidak menggunakan login masing masing airline, tetapi sudah menggunakan 1 login untuk semua airline, juga komisi yang di berikan lebih besar dari vendor sebelumnya. Modal yang kami keluarkan untuk bergabung lumayan besar sebab didalamnya termasuk Deposit.

Dalam melakukan promosi, tidak ada hal yang signifikan yang kami lakukan, sebab sebelumnya sudah kami kerjakan saat mengawali bisnis tiket pesawat. Tetapi ada permasalahan baru yang kami temukan saat itu dan masih ditemuin saat ini, sebab ini berhubungan dengan penerbangan dari maskapai satu ke yang lain yaitu jarak waktu kedatangan dan keberangkatan yang sangat riskan. Tidak jarang kita nombok dan tekor dikarenakan permasalahan ini.

Pada intinya bergabung dengan kedua agen besar tersebut sangat membantu penjualan tiket penerbangan lain dengan modal yang dikeluarkan relatif sangat ringan, system yang di gunakan juga cukup canggih. Hal ini yang mengilhami kami untuk merambah bisnis tiket pesawat online dengan program kemitraan. Bermodal pengalaman bergabung dengan kedua vendor besar tersebut dan juga sedikit pinjaman dari bank hehehehehe, maka Purima mendirikan cabang di Kota Semarang untuk memulai menjadi vendor penyedia layanan kemitraan bisnis tiket pesawat online.

Mau tau kelanjutannya….Klik sini.

1 comment on “Purima menjadi agen”

  1. Pingback: Tentang Purima Tour and Travel – Bisnis travel online terlengkap dan jasa pembuatan web aplikasi bisnis travel

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *