Tentang Purima Tour and Travel

Mengenal lebih dalam tentang Purima tour and travel

Tulisan ini mungkin bisa di jadikan acuan bagi anda yang menjalankan bisnis travel pemula maupun Bisnis travel Scala kecil, sebab ditulis berdasarkan pengalaman pribadi pendiri Purima tour dalam memeulai bisnis travel.

Tahun 2007 Purima berdiri di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Saat itu Purima hanya menjual dan menawarkan paket wisata di sekitar Pangkalan Bun yang kebetulan telah menjadi daerah tujuan wisata yang sudah sangat terkenal di luar negeri yaitu mengunjung Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Modal terbesar saat mendirikan perusahaan adalah Pengalaman Guiding yang diawali sejak 1995, dan beberapa puluh juta ( ssssstt… Hasil penjualan mobil butut… ) untuk Notaris dan pembikinan web promosi. Dan dalam waktu singkat bisnis berhasil booming dengan banyaknya tamu yang berkunjung melalui Purima.  Sehingga saat itu Purima menjadi salah satu travel local yang menjadi inpirasi bagi teman teman lainnya untuk memulai bisnis tour orangutan.

Tahun 2010, 3 tahun setelah itu, Purima memulai merambah ke bisnis tiket pesawat. dan menjadi satu satunya agen tiket pesawat saat itu di Kota Pangkalan bun. Hanya ada 2 maskapi yang di jual yaitu Trigana air dan Kalstar ( Keduanya masih menggunakan paper tiket ). Tantangan yang terbesar mengawali bisnis tiket pesawat saat itu adalah : Penumpang / customer masih percaya bahwa beli tiket harus di kantor resminya maskapai atau Sales tiket yang biasa ada di Bandara. Butuh waktu cukup lama untuk di kenal customer saat itu mengingat kami tidak kenal dan Bisnis ini masih sangat baru bagi kami juga belum ada pengalaman sama sekali

Setelah beberapa bulan menekuni bisnis tiket pesawat ini, akhirnya kami memulai dengan beberapa startegi pemasaran ( Salah satu strategi pemasaran kami pernah di gunakan oleh travel tiket terbesar saat ini).

  1.     Merikrut salah satu SALES TIKET yang biasa di Bandara :  Purima memperkerjakan salah satu Porter sebagai karyawan part time di kantor Purima. Dengan harapan Karyawan tersebut pasti mempunyai hubungan baik dengan beberapa orang di bandara dan paling tidak dia punya customer sendiri.
    HASILNYA : Beberapa sales ikut bergabung dan penambahan customer
    KENDALA : 80% pembayaran tiket di hari, minggu, atau bahkan bulan selanjutnya.
    Kendala tersebut tidak menjadi masalah sebab modal yang di putarkan adalah uang dari pembayaran tour yang masih berjalan beberapa bulan ke depan…

  2. POTONGAN PEMBELIAN TIKET : Potongan/discount diberikan kepada customer yang langsung datang ke kantor kami. Komposisi discount yang kami berikan adalah :
    1. Discount 10.000 : tanpa batas pembelian harian
    2. Discount 50.000 : hanya 10 tiket perhari
    3. Discount 100.000 : Hanya 2 tiket perhari
    4. Discount 100% : Hanya ada 2 tiket perbulan
    Kenyataannya Ternyata modal yang di harus di keluarkan cukup besar juga tetapi tertutupi oleh pembelian tiket yang hanya dapat discount 10.000 tersebut. Hanya saja mengurangi keuntungan.

  3. IKLAN KORAN DAN RADIO : Promo ini menyumbangkan cukup besar juga. Sejak di iklankan di koran local ( Halaman pertama lhoh… ). dan juga iklan di radio local, customer tambah meningkat.

Meskipun beberapa hal di atas membuahkan hasil yang sangat memuaskan, permasalahan permasalahan sering timbul dan kadang cukup memusingkan juga. Silahkan KLIK permasalahan permasalahan yag sering timbul dalam bisnis tiket pesawat

Seiring dengan banyaknya customer yang menjadi langganan Purima, dan terbatasnya jumlah rute penerbangan dari pangkalan bun saat itu sedangkan banyak customer adalah pembisnis besar yang tidak hanya terbang di satu tujuan, Maka, Purima menangkap itu sebagai peluang juga. Peluang yang di maksud adalah dengan menyediakan tiket terusan dengan maskapai lain seperti Lion, Garuda, Batavia, Merpati, Sriwijaya dll. Berhubung saat itu untuk mendapatkan akses ke maskapai sangat sulit maka jalan satu satunya adalah menjadi AGEN TRAVEL LAIN.

Masih tertarik untuk membaca pengalaman Pribadi Purima menjadi agen MMBC dan CITOS ?!!!

2 comments on “Tentang Purima Tour and Travel”

  1. Pingback: Purima menjadi agen – Bisnis travel online terlengkap dan jasa pembuatan web aplikasi bisnis travel

  2. Pingback: Purima bisnis online – Bisnis travel online terlengkap dan jasa pembuatan web aplikasi bisnis travel

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *